Tekhnologi Informasi Untuk Elektronik Commerce

Perkembangan teknologi informasi yang sangat capat dalam beberapa tahun terakhir ini telah membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, bermacam bidang kehidupan semakin mengimbangi dirinya dengan teknologi yaitu dengan cara menggunakan teknologi itu sendiri, termasuk di dalamnya dunia bisnis. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bisnis yang satu ini. Menurut www.artikata.com kata informatika adalah hal-hal yang berkaitan dengan informasi, usaha dalam bidang informasi.
Secara spontan dapat saya katakan bahwa bisnis informatika adalah sebuah bisnis perdagangan yang berhubungan erat dengan informasi, misalnya penjualan produk secara online. Para pelaku binis mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang komputer, karena semua kegiatan bisnis sebagian besar menggunakan basis komputer. Bisnis Informatika adalah salah satu bisnis yang paling cepat pertumbuhannya sekarang ini, baik di lingkup internasional maupun nasional. Yang membuat bisnis ini cepat pertumbuhannya adalah keikutsertaan teknologi yang perkembangannya tidak bisa dibendung.

Sebenarnya bisnis informatika tidak hanya terbatas di dunia internet saja, namun lingkupnya juga mencakup di software development, consultan IT dan sebagainya yang berkaitan dengan TIK. Perkembangan bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai wajah cerah untuk kedepannya. Namun juga tetap harus didukung oleh SDM yang berkualitas, dalam menyikapi era bisnis ini.
E-Commerce salah satu karakteristik utama era informasi adalah bisnis elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah atau e-commerce atau dengan kata lain perdagangan melalui jaringan elektronik
Definisi E-Commerce menurut Robert E Johnson :
Adalah suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan media internet sebagai media komunikasi yang paling utama. Artinya sistem e-commerce telah membuat sebuah terobosan baru di bidang perdagangan dengan menerapkan sistem transaksi secara online. Sistem ini memungkinkan produsen dan konsumen bisa lebih mudah untuk beraktifitas dalam dunia perdagangan.
Model bisnis ini menekankan pertukaran informasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperless, melalui E-mail, electronic bulletin boards, electronic fund transfer, dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan.
Perkembangan e-commerce ditunjang oleh tiga faktor utama, yaitu
§  Pasar dan ekonomi
§  Sosial dan lingkungan
§  Teknologi
Dengan hadirnya e-commerce, sistem perdagangan yang sebelumnya kurang efektif baik dari segi waktu maupun tempat kini bisa diatasi dengan sistem ini. E-commerce mampu menangani berbagai masalah sebagai berikut:
§  Otomatisasi : Menggantikan proses manual
§  Integrasi : Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses
§  Publikasi : Memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan
§  Interaksi  : Pertukaran data antar berbagai fihak yang memperkecil human error
§  Transaksi : Melibatkan fihak lain dalam menangani pembayaran
Dengan adanya kemudahan dalam bertransaksi, e-commerce sangat cocok untuk situasi sekarang ini khususnya di indonesia yang secara geografis tidak memungkinkan. Misalnya konsumen yang berada di Sulawesi tidak bisa melakukan transaksi dengan produsen yang ada di pulau jawa baik itu pencarian, pemesanan, hingga dengan pembayaran produk dalam waktu yang singkat jika tidak menggunakan sistem ini.
Ketika kita menawarkan produk di internet secara tidak langsung kita sudah mempresentasikan / menyampaikan dengan lengkap mengenai produk yang kita tawarkan, karena konsumen bisa langsung melihat bentuk, warna, bahkan hingga harganya pun bisa diketahui oleh konsumen.


Secara sederhana berikut ini adalah beberapa keuntungan dari penerapan e-commerce :
§  Sisi Konsumen      : Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat saja
§  Sisi pengelola bisnis         : Efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
§  Sisi manajemen               : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan

Pemakai computer perusahaan dianggap sebagai sumber daya informasi ?
Karena setiap pemakai komputer pada perusahaan dapat memberikan manfaat yang sangat berpengaruh dari apa yang telah mereka kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar